Pegadaian

Pegadaian adalah suatu badan yang melaksanakan kegiatan keuangan dalam hal gadai. Misalnya Anda menggadaikan barang ataupun surat berharga, seperti surat tanah, BPKB, dan lainnya, Akan tetapi, pegadaian pun biasanya akan menambahkan bunga dan biaya administrasi yang harus dibayarkan pada saat Anda ingin menebus kembali barang tersebut. Dan itu termasuk kedalam riba.

Pinjaman Bank

Salah satu contoh riba dalam kehidupan sehari-hari yaitu seperti meminjam uang pada pihak Bank konvensional yang kemudian akan dikembalikan pada waktu tempo satu tahun. Namun, pihak Bank tersebut memberikan kewajiban agar Anda membayarkan dengan jumlah yang lebih besar dari jumlah pokok yang dipinjam. Nah, jumlah lebih itulah yang merupakan riba.Akan disebut riba juga bila kedua belah pihak, yakni pihak yang memberi pinjaman dan pihak yang meminjam menyepakati ketentuan dimana jika pihak yang meminjam tidak mampu membayar pinjamannya tepat waktu, maka dia akan dikenai biaya tambahan yang merupakan bunga. Tetapi, jika pihak peminjam bisa mengembalikan pinjamannya tepat waktu, maka dia tidak akan dikenai biaya tambahan ini.

Kredit Kepemilikan Rumah (KPR)

Memiliki rumah menjadi impian setiap keluarga. Akan tetapi, apakah Anda akan memaksakan diri berhutang demi sebuah rumah? Apalagi jika hutangnya riba seperti KPR. Kredit kepemilikan rumah juga termasuk kedalam contoh riba dalam kehidupan sehari-hari. Dimana kita harus mencicil angsuran sesuai dengan harga rumah serta bunga dan biaya administrasi lainnya.

Kredit Kendaraan Bermotor (KKB)

Sama halnya dengan KPR, kredit kendaraan bermotor juga termasuk contoh riba dalam kehidupa sehari-hari. Karena KKB mengandung bunga, dan denda yang ditambahkan ke dalam cicilan motor atau kendaraan lainnya. Selain itu, ada konsekuensi penyitaan kendaraan apabila Anda tidak membayar angsuran dalam jangkan waktu tertentu.

Transaksi Jual Beli

Contoh lain dari riba dalam kehidupan sehari-hari adalah transaksi jual beli dengan menukar emas berbentuk kalung seberat 10 gram dengan emas yang berbentuk gelang tetapi seberat 5 gram. Meskipun dikatakan gelang ini memiliki nilai estetika yang lebih banyak dibandingkan kalung, tetap saja ini termasuk kedalam riba riba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *