Pengusaha Tanpa Riba: Hidup Makin Hebat, Bisnis Makin Kuat

By Billionaire Store

Sumber artikel = https://portal.billionairestore.co.id/pengusaha-tanpa-riba/

Pengusaha tanpa riba merupakan wujud kesuksesan bisnis yang sebenarnya. Dengan memanfaatkan modal yang ada, tanpa melibatkan hutang atau dana pinjaman berbunga dari bank, tentunya akan sangat membantu dan menguntungkan.

Inilah kenapa agama islam sangat melarang keras dengan yang namanya hutang riba atau dana pinjaman berbunga. Sekilas memang terlihat praktis dan menguntungkan, terlebih jika Anda sedang menghadapi masalah finansial.

Tapi dibalik itu semua, ada ranjau yang siap-siap meledak dan bisa membuat hidup Anda lebih terpuruk. Tidak hanya rugi di dunia, tapi di akhirat juga lho. Yakin, masih mau menggunakan uang riba sebagai modal usaha?

Tentang Riba yang ngeRIBAnget!

Dapat dipastikan bahwa setiap umat muslim tahu bahwa riba merupakan salah satu dosa besar yang harus dihindari. Namun pada praktiknya, masih banyak  yang menggunakan dan memanfaatkan fasilitas dana haram tersebut.

Satu hal yang perlu digaris bawahi disini, islam tidak pernah melarang adanya utang. Tapi melarang keras dan mengharamkan riba (semua utang dengan kelebihan bayar/manfaat). Walau jelas siapapun, pasti tidak ingin hidupnya terlilit hutang. Selain meresahkan dan membuat puyeng kepala, juga merugikan.

Yups, merugikan. Ketika Anda tidak bisa melunasi hutang tersebut, melebihi dari masa tempo yang telah ditentukan, maka Anda harus siap dengan segala konsekuensinya. Tidak hanya dituntut untuk melunasi sejumlah dana yang dipinjam, tapi juga ada dana tambahan yaitu bunga yang juga harus dibayar sekaligus.

Bahkan jika tidak kunjung lunas, tidak menutup kemungkinan Anda akan kehilangan aset-aset berharga seperti rumah, kendaraan atau barang berharga lainnya yang bisa dijadikan jaminan. Jika sudah begitu, bukanya untung tapi buntung.

Masalahnya, Anda tidak hanya rugi di dunia saja, tapi juga di akhirat kelak. Dengan siksaan yang lebih pedih dari sang maha pencipta. ngeRIBAnget kan?

“Tapi saya sudah terlanjur meminjam ke bank, bagaimana? Dan saya pun sekarang sedang bingung, hutang harus lunas sementara keadaan bisnis sedang terpuruk, siap terima takdir harus gulung tikar. ”

Jangan putus asa gitu dong! Satu jawabannya, segera bertaubat dan kembali bangus bisnis dari tik nol, dengan cara yang lebih diridoi oleh Allah. Pasrah, dan serahkan semua pada sang pencipta.

Kiat Sukses Pengusaha Tanpa Riba

Tahukan Anda, bahwa sebenarnya Allah telah menjanjikan kemudahan dan kesuksesan dalam berbisnis yaitu dengan cara menghindari hal-hal yang berbau haram, seperti riba. Jangan sampai Anda tergiur dengan kenikmatan dunia semata.

Segeralah berhijrah. Berani keluar dari zona nyaman, untuk kehidupan yang lebih baik lagi. Karena siapa yang berhijrah untuk taat dan patuh pada Allah, akan diganti dengan jalan yang lebih baik dan luar biasa. Tak sedikit dari para pelaku bisnis yang akhirnya hijrah ke sistem bisnis yang lebih islami, tanpa riba, dan berhasil bangkit dari keterpurukan finansial.

Simak kisah-kisah para pejuang pengusaha tanpa riba yang mengiris hati, dan bisa dijadikan tauladan untuk Anda berhijrah ke dalam hidup yang lebih baik lagi. Simak kisah lengkapnya di buku Berani Jadi Taubaters. Salah satu buku best seller yang sayang untuk Anda lewatkan.

Buku karya Saptuari Sugiharto, seorang penulis buku penulis best seller yang sangat fenomenal, berisi tetan kisah nyata para pengusaha yang berhasil bangkit dan lepas dari jeratang hutang dan riba. Sangat menginspirasi untuk perubahan hidup dan bisnis yang lebih baik.

“Lantas, apa yang harus saya lakukan dengan hutang-hutang saya? Saya ingin segera bertaubat tapi masih terlilit hutang, uang saya tidak cukup jika harus melunasi semuanya.”

Tidak ada cara lain, segera lunasi, mintalah petunjuk dan pertolongan dari Allah. Karena hutang merupakan kewajiban yang harus Anda bayar. Berikut adalah langkah-langkah menjadi seorag taubaters, sehingga terbesar dari hutang dan riba:

Bertaubat

Merapat ke Allah, dan mintalah ampunan-Nya karena sudah terlibat dan melakukan dosa yang paling dilarang yaitu, riba. Perbaiki shalat, mulailah untuk shalat berjamaan dan tepat waku, dan tambahi ibadah sunahnya. Pokoknya, terus kejar ampunan Allah.

Tapi ingat, jangan taubat sambel, yang hanya merengek dan minta tolong ketika ada masalah saja. Tetaplah istiqamah dengan pilihan pengusaha tanpa riba, dan selalu mengupgrade diri menjadi lebih baik lagi.

Berazam Bebas Hutang

Berjanjilah untuk tidak mengulanginya lagi. Jadilah pengusaha tanpa riba yang senantiasa ingat Allah. Jangan pernah sedikit pun terlintas menutup hutang dengan hutang baru. Gak akan selesai-selesai dong! Lepas dari mulut buaya, masuk ke mulut singa.

Melepaskan Aset Hasil Riba

Mulailah untuk melepas aset-aset yang selama ini menjerat dalam jebakan riba. Mobil, ruko, rumah, tanah, emas, apapun itu. Jual saja, biar lepas. Yakinlah, Allah akan menggantikannya dengan yang lebih baik.

Perbayak Doa

Jangan pernah meremehkan kekuatan doa. Mintalah doa dari orangtua, terutama ibu. Percayalah doa itu bisa membuka pintu langit, membuka kemudahan-kemudahan yang selama ini seret.

Sedekah

Dan jangn lupa untuk selalu menyisihkan sebagian harta Anda, bagi mereka yang tidak mampu. Perbanyaklah sedekah!

Coba lakukan lima hal diatas, secara rutin, fokus, dan perjuangkan! Dan lihat keajaiban-keajaiban yang akan Anda alami.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *