bisnis online almeera baby shop

Banjarmasin. Bisnis oline saat ini memang menjadi primadona bagi generasi milenial di manapun, dengan hanya bermodal membagikan gambar produk di media sosial seperti Instagram, Facebook hingga Whatsapp, generasi milenial dengan kemudahannya sudah bisa menjadi pebisnis online. Namun biasanya, bagi generasi milenial, momok yang sangat ditakuti ketika memulai berbisnis adalah tentang ketersediaan modal, apakah memang benar seperti itu? Simak ulasan kami berikutnya…

Generasi milenial yang merupakan ibu muda satu ini mengawali usahanya dengan menjadi reseller produk perlengkapan bayi dan anak, namun siapa sangka, usaha yang dirintis belum genap setahun ini sudah memiliki 60 reseller/mitra yang sebagian besarnya berlokasi di Kalimantan bahkan hingga ke Sumatera. Seperti apa kisahnya, stay tune with us

Berikut adalah wawancara kami dengan owner Almeera Baby & Kids Shop Banjarmasin

Perkenalan diri Anda dan kegiatan apa yang sedang Anda kerjakan saat ini?

Nama saya Tri Yulia, panggil saja Mba Yuli, saya ibu rumah tangga dengan satu anak, kegiatan saya sama seperti kebanyakan ibu-ibu rumah tangga yang lain, membuat suasana rumah nyaman untuk semuanya…. hehe

Bagaimana cerita awal berbisnis online?

Saya mengawali bisnis online ini dengan menjadi reseller, karena ingin belajar dulu mengenai proses bisnis online, terutama terkait reseller dan dropshipper.

Berapa modal yang dikeluarkan ketika menjalani bisnis online?

Karena saya pada awalnya menjadi reseller/dropshipper, praktis modal yang dikeluarkan hanya semangat dan tekun. Semangat untuk berusaha dan tekun menjalani usaha yang sedang dijalankan. Modal uang bisa dikatakan nggak ada ya, karena saya kan hanya mengunggah gambar produk saja, terus kalo ada orang yang tertarik baru saya pesankan terlebih dahulu produk tersebut.

Kalo dipaksa harus ada modal yang berbentuk materiil, ya paling smartphone dan kouta internet, tapi saya yakin hampir semua orang saat ini sudah memiliki smartphone dan bisa mengakses internet.

Jadi kita ganti mindset kita yang semula, “bisnis itu butuh modal yang besar” menjadi “bisnis itu butuh semangat dan konsistensi yang besar”.

Saat ini masih jadi reseller?

Alhamdulillah, setelah mempelajari dan melihat potensi bisnis perlengkapan bayi dan anak, khususnya di wilayah Kalimantan Selatan. Kurang lebih bulan November tahun 2018, saya memutuskan untuk menjadi supplier perlengkapan bayi dan anak impor.

Setelah menjadi supllier, lalu apa?

Saya tau sekali kesibukan menjadi ibu rumah tangga, karena saya juga ibu rumah tangga. Kegiatan seperti mencuci piring, menyapu lantai, mengasuh anak hingga menyiapkan perlengkapan suami ketika akan berkerja, semua itu butuh fokus dan perhatian.

Oleh karena itu saya coba menawarkan prinsip usaha reseller/dropship ini kepada ibu-ibu rumah tangga, maupun ibu-ibu yang saat ini menjadi karyawan di kantor, yang waktunya sangat terbatas namun memiliki keinginan untuk mendapatkan penghasilan tambahan guna membantu perekonomian keluarganya. Ibu-ibu dapat bergabung menjadi mitra reseller/dropshipper Almeera

Saat ini berapa jumlah reseller/dropshipper yang telah menjadi mitra Almeera? Dan dari wilayah mana saja?

Alhamdulillah, sudah ada sekitar 60 reseller/dropshipper yang telah bergabung menjadi mitra Almeera. Sebagian besar berasal dari wilayah Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Jawa Timur bahkan hingga Sumatera. Jika masuk ke wilayah kota, maka jumlah mitra reseller/dropshipper kami di Kota Banjarmasin adalah yang paling banyak. Masing-masing mitra memiliki cara sendiri-sendiri dalam mempromosikan produknya. Namun sebagian besar menggunakan media sosial Facebook, Instagram, Whatsapp hingga Marketplace-marketplace besar di Indonesia.

Mungkin bisa dijelaskan lebih rinci terkait dropship/reseller perlengkapan bayi dan anak impor di Almeera itu seperti apa?

Jadi, kami memiliki banyak stok perlengkapan bayi dan anak impor dengan harga yang sangat terjangkau. Semua produk tentunya sudah ready stok di Banjarmasin. Bagi ibu-ibu yang ingin menjadi mitra reseller kami, nanti nya akan mendapatkan akses ke aplikasi dropship/reseller yang mana di dalam aplikasi tersebut tersedia semua informasi mengenai produk yang ready stok, harga reseller hingga deskripsi produk yang lengkap. Selain itu kami juga menyediakan grup whatsapp dan grup facebook khusus bagi mitra reseller/dropshipper kami.

Apakah ada bimbingan khusus bagi para ibu-ibu yang baru mau memulai bisnis online tersebut?

Ya betul sekali, bagi ibu-ibu yang masih awam dan belum terlalu paham mengenai berbisnis online, jangan khawatir, kami bantu dengan senang hati, dan itu semua GRATIS. Pada prinsipnya kami ingin membantu dan berbagi ilmu dengan para mitra reseller/dropshipper kami.

Apa pesan bagi ibu-ibu atau generasi milenial yang akan memulai berbisnis online?

Intinya satu, dalam berbisnis itu kita harus konsisten. Banyak sekali pebisnis online yang gagal karena mereka tidak konsisten, cuman coba-coba saja. Bisnis orang lain terlihat enak, kita pengen bisnis yang sama, terus berganti-ganti usaha seperti itu. Nah hal ini yang membuat kita susah konsisten dalam berbisnis. Saran saya, konsisten dan jalani saja bisnis yang sedang digeluti saat ini, kalo sedang jenuh, bosan atau stuck boleh untuk refreshing sebentar, setelah itu kembali lagi dan cari solusi untuk mengatasi bisnis yang sedang stuck, jangan malah banting stir ke bisnis yang lain.

Terima kasih atas pencerahan dan sharing informasinya, semoga Almeera Baby & Kids Shop Banjarmasin semakin berkembang… aamiin

Jadi sudah tau ya jawabannya?

Ingat ya, tolak ukur kesuksesan sebuah bisnis bukanlah modal yang besar, melainkan semangat dan konsistensi dalam berbisnis. Mulailah dengan hal yang kecil, misal menjadi reseller/dropshipper seperti yang pernah dijalani oleh mba Yuli. Karena langkah besar tidak akan pernah tercapai jika kita tidak pernah melangkahkan hati, eh kaki… hehe

Ingat pepatah ya guys, hasil tidak akan pernah mengkhianati proses.

Semangat mencoba dan jaga konsistensi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *