Tips Usaha Tanpa Riba

Semua orang sekarang pegang gadged, canggih-canggih! Namun banyak yang menggunakan hanya untuk sekedar WAnan atau Fesbukan.. duuuh sayang banget. Padahal kalau mau ngulik, gadgedmu itu bakal jadi senjata ampuh untuk promosi usahamu..

Caranya? Caranya? Caranya mas?
Waniii piroo? Hehe..

Pakai ilmu semut, pamer keramaian! Semut itu kalau ada gula ngumpul, langsung menarik perhatian mata. Siapapun yang melihatnya bakal penasaran, ada apaan sih disana? Kok sampai ramai dan bergerumbul! Makanannya enak ya?
Produknya lengkap yaa?
Harganya murah yaa?
Banyak diskonan ya?
Dan banyak alasan lain hingga orang ngumpul disana..

Moment kayak gini sayang banget kalau gak diabadikan, karena itu bisa untuk jadi materi iklan usahamu. Promosi itu kan harus terus dan konsisten, gak boleh angin-anginan. Lihat deh produk-produk yang sliweran di TV itu, sudah laris tapi promosi gak pernah berhenti.. hajaarrrr terusss!!

Produk bagus tanpa promosi itu seperti “gadis cantik yang tersenyum di tengah gelapnya malam!”
Gak ada orang beli karena gak kelihatan!

Gini langkah-langkahnya:
1. Foto produk jualanmu, pakai kamera HP boleh, cahaya harus cukup. Bisa gunakan lampu neon buat penerang.

2. Foto konsumenmu, semua orang sekarang suka narsis dan selfie, minta ijin untuk difoto dengan ekspresi mereka masing-masing ketika sedang membeli produkmu. Kumpulkan foto-foto itu.

3. Bisa juga mencari foto-foto di sosial media, konsumen bisa dicari dengan searching nama usahamu, atau dari tag lokasi. Capture aja, kumpulkan fotonya.

4. Setelah semua terkumpul, buatlah video klip dari foto-foto pilihan itu. Pakai komputer ngeditnya? Haiyaaah.. pakai HP aja bisaa!

5. Aplikasi yang bisa kamu pakai: Quik, VivaVideo, Flipagram, dll.. instal di iOS atau androidmu.

6. Sabar dalam mengedit, jangan buru-buru. Cari efek yang bagus yang gak membosankan yang melihat.

7. Durasi maksimal 3 menit sadja agar juga bisa dikirimkan melalui WA dan Telegram. BBM? Ufff kalau gak salah pertamax 7100/liter..

8. Naaaah, kalau sudah jadi, share kan videomu itu di sosmed. Mau diiklankan di Facebook juga bisa, caranya? Googling aja di Yahoo: “cara beriklan di Facebook” nanti ikuti panduannya.

9. Bisa juga supaya menarik kamu buat tebak-tebakan berhadiah, agar orang mau nonton videomu, misal: “pakai baju apa orang di menit ke 2:10, tulis jawabanmu di komentar, yang benar kami undi dapat 10 voucer makan di kafe kami!”

10. Lakukan secara konsisten, inget.. gadis cantik jangan diumpetin di gelap malam!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *