Home / Uncategorised / UDAH, CEPAT JUAL SAJA!!
Hidup Tenang Tanpa Riba
Hidup Tenang Tanpa Riba

UDAH, CEPAT JUAL SAJA!!

Sering kali saya menerima curhatan orang-orang yang terjerat utang namun enggan kehilangan. Kehilangan apa? Apapun itu yang memberikan label palsu.. kelihatan lebih kaya, lebih mampu, lebih sukses, lebih makmur, dengan tampilan barang-barang padahal semua utangan..

“Mas motor saya ini masih setahun lagi, cicilan perbulan 900 ribu kok saya tiap bulan makin sumpek ya.. gaji habis hanya buat bayar cicilan, pernah juga sampai ngutang ke teman.. gimana mas?”

Jawab:
Udah jual aja motornya, uangnya buat nglunasi ambil BPKBnya kasih ke pembeli, sisa uang ditabung, tambahi gajimu tiap bulan, nanti 6 bulan dah bisa beli motor bekas. Gunakan sambil terus nabung, nanti tahun ke 3 motor lamanya dijual, tambahi dengan tabunganmu, dah bisa beli motor baru… cash! Cash! Cash!… temenmu yang kredit 3 tahun motor dah babak bundas, kamu malah dapat motor baru kinyis kinyisss…
_______________________________
“Mobil saya baru mas, gara-gara warga di komplek pada beli mobil baru saya jadi ikutan panas, modal 30 juta berangkat ke dealer saya DP mobil ini, bayar nyicil deh 4 tahun.. tiap bulan bayar cicilan ternyata saya juga harus nanggung biaya bensin dan perawatan, itu yang diluar perkiraan. Mobil baru pengennya traveling terus, padahal keluar duit juga itu mas, piye iki mas?”

Jawab:
Ya wis jual saja lah! Kalau gak pakai mobil apakah dunia kiamat? Mereka yang sibuk menilaimu gak bantu bayar cicilannya kan? Naik taxi online malah sekarang gampang, duduk manis disopiri, mobilnya gonta ganti, gak mikir cicilan, gak mikir bensin bulanan, gak mikir pajak tahunan, gak mikir biaya perawatan!
Jika memang belum mampu gak usah terburu nafsu..
Utang itu kalau nyempil di hati bikin gelisah sepanjang hari..
_______________________________
“Mas rumah saya ini baru 3 tahun, cicilan perbulan sebelumnya 2,5 juta dapat bunga 7% pertahun, nah setelah 3 tahun kena bunga floating mas, cicilan jadinya 3,9 juta mas… duh puyeng! Pengeluaran nambah lagi, habis gitu saya ke bank minta rincian detail utang saya, 3 tahun nyicil totalnya sudah 90 juta, pokok utang saya baru berkurang 15 juta saja.. duuh! Yang 75 juta ludes bayar bunganya saja. Padahal masih 12 tahun lagi! Hiks!! Gimana ini mas?

Jawab:
Udaaah jual saja… kehormatan orang tidak akan hilang walau tinggal di kontrakan! Harga dirimu tidak akan tergadai.. kehormatanmu tak kan tercerai… selama engkau ikut aturan ALLAH!
Jual rumahnya, jika ada kelebihan uang dari hasil penjualan simpan, tiap bulan punya kemampuan nabung minimal 2,5 juta kan? Setahun dah dapat 30 juta. Dalam 3 tahun dah dapat 100 juta an. Belikan tanah yang murah, tidak harus luas, tidak harus di kota, agak kepinggiran gak papa..
tahun ke 4 nabung lagi, bangun pondasinya
Tahun ke 5 nabung lagi, bangun temboknya
Tahun ke 6 nabung lagi, pasang atapnya
Tahun ke 7 nabung lagi, finishing dan siap ditempati..

Pilih mana?
7 tahun ngontrak sambil bangun rumah pelan-pelan tanpa ngutang,
Atau
15 tahun terjerat riba dengan bunga yang menyesakkan dada, dengan denda dan ancaman sita!
Sabaaar.. kalau sudah niat pasti ALLAH cukupkan!
Jika belum mampu, pasti ALLAH akan mampukan!
Kuncinya satu… ikut aturan ALLAH! Jangan jadi ngeyelers!
“Jadikanlah SABAR dan SHALAT sebagai penolongmu… “ (Al-Baqarah:45)
Berani menjual asset yang kita miliki untuk lepas dari jeratan utang bukanlah kehinaan!
Justru mereka yang terus menggenggam barang utangan yang kena sentilan Nabi..
“Utang membuat kehinaan di siang hari, dan kegelisahan di malam hari..”
Segeralah lepaskan!
Dan sambut hari-hari tenang tanpa utang…

@Saptuari

Pesan T-Shirt Pengusaha Anti Riba Sekarang Juga

About admin

Check Also

pengusaha anti riba

HORMATI ISTRI

Orang ingin berhasil (sukses) itu kuncinya menghormati istri Subhanallah , sungguh ini adalah nasehat yng …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *